Kemendikbud Dukung Film Indonesia Berlaga di Ajang Piala Oscar

Acara Pengumuman Hasil Seleksi Film Indonesia untuk Academy Awards, di Plaza Senayan, Jakarta,

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) terus mendukung keikutsertaan film Indonesia dalam ajang pemberian penghargaan internasional bagi insan perfilman, Academy Awards atau dikenal dengan sebutan Oscar.

Pusbangfilm berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan dari sisi promosi dan publikasi bagi film yang terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Oscar. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Tenaga Perfilman Pusbangfilm, Puspa Dewi, dalam acara Pengumuman Hasil Seleksi Film Indonesia untuk Academy Awards, di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa siang (18/09/2019).

Andil tersebut, ujar Dewi, dapat dilihat dari jejak rekam sejak tahun lalu. Film Marlina: Pembunuh dalam Empat Babak mendapat ruang publikasi di media internasional, seperti The Variety, The Envelope Los Angeles Times, dan The Hollywood Reporter.

“Selain itu, juga memfasilitasi pemutaran khusus film Marlina di Los Angeles untuk menarik perhatian para juri AMPAS (Academy of Motion Pictures Arts and Sciences) yang berjumlah kurang lebih 400 orang terhadap film tersebut.” tutur Dewi.

Dengan berbagai dukungan promosi dan publikasi tersebut, keikutsertaan Indonesia dalam ajang Oscar sejauh ini belum membuahkan hasil yang menggembirakan. Ketua Pelaksana Komite Seleksi Film Indonesia untuk Oscar, Firman Bintang, dalam kesempatan yang sama menyampaikan pentingnya dibentuk suatu komite khusus yang mampu menghasilkan film-film Indonesia dengan standar Oscar.

Komite tersebut nantinya bekerja untuk pembuatan film yang khusus akan diikutsertakan dalam ajang Oscar atau festival film internasional lainnya. Di samping itu, tambah Firman, adanya figur di bidang pemasaran film Indonesia di ajang Oscar juga penting, karena figur tersebut yang akan melakukan lobi dan memiliki akses ke dalam panitia Oscar.

“Peningkatan sistem keikutsertaan film nasional di ajang Oscar dan festival internasional lainnya saya kira perlu dilakukan agar film Indonesia tidak dilirik sebelah mata.” jelas Firman.

Pada tahun ini, Komite Seleksi Film Indonesia untuk Oscar telah menyeleksi tiga film Indonesia, yakni Ave Maryam karya sutradara Robby Ertanto, Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho, dan 27 Steps of May karya Ravi Bharwani untuk mewakili Indonesia dalam kategori 92nd Oscars International Feature Film Award atau Penghargaan Film Feature Internasional.  Kategori ini pada penyelenggaraan Oscar sebelumnya bernama The Oscars Foreign Language Film atau Penghargaan Film Berbahasa Asing.