Sabtu, 27 April, 2024

Investor Wait and See, IHSG Dibuka Naik

MONITOR, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan Kamis (19/9) dibuka naik 7,04 poin di tengah aksi menunggu yang dilakukan pelaku pasar.

“Bursa Indonesia dibuka menguat ditengah pelaku pasar menunggu kebijakan suku bunga AS dan juga suku bunga Bank Indonesia pada hari Kamis mendatang,” ungkap Riset PT Samuel Sekuritas di Jakarta.

Pada pembukaan perdagangan Rabu ini, IHSG naik 7,04 poin (0,11 persen) ke posisi 6.243,73. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 menanjak 0,39 poin (0,04 persen) ke level 986,32.

Untuk kondisi global, bursa saham AS ditutup dengan kecenderungan flat pada perdagangan semalam. Indeks Dow Jones menguat 0,13 persen, S&P 500 naik 0,26 persen dan Nasdaq menanjak 0,40 persen. 

- Advertisement -

Pergerakan pasar saham dipengaruhi aksi menunggu para pelaku pasar yang sedang menunggu keputusan apakah Federal Reserves akan kembali memangkas suku bunganya sebesar 25 bps pada hari ini.

Gubernur The Fed, Jerome Powell sebelumnya telah mengisyaratkan penurunan suku bunga di tengah melemahnya kinerja ekonomi dan meningkatnya risiko pertumbuhan.

Selain itu, pelaku pasar menunggu petunjuk dari The Fed dalam menentukan kebijakan terkait suku bunga pada bulan-bulan mendatang.

Sementara itu mayoritas bursa Asia pagi ini dibuka menguat tipis.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER