Jumat, 26 April, 2024

Pansus Ibu Kota Baru Gelar Rapat, Ini Sejumlah Bahasannya

MONITOR, Jakarta- Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR RI Zainudin Amali mengatakan bahwa dalam setidaknya ada tiga topik yang akan dibahas dalam rapat perdana Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara, yang digelar hari ini.

Salah satunya, kata Amali mengenai sejumlah kajian mengania pemindahan Ibu kota tersebut.

“Hari ini, rencananya Pansus tentang kajian dan usulan pemerintah tentang Ibu kota baru. Kami akan memetakan apa yang harus dikaji dari susunan pemerintah itu. Lalu, yang kedua akan membuat penjadwalan,” kata Amali di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (18/9).

“Ketiga, menginventarisir pihak mana saja yang akan kita mintai pendapatnya berkaitan dengan kerja pansus ini,” sebutnya.
Ke depan, masih kata Amali mengatakan bahwa Pansus Ibu Kota akan memiliki tiga pokok bahasan. Mulai dasar pemindahan Ibu kota hingga pembiayaannya.

- Advertisement -

“Nah, bayangan saya ada tiga hal pokok yang menjadi bahasan dalam pansus ini. Pertama, adalah ide ini tentu punya dasar ya. Dasar yang pertama adalah, tentang dari mana sumber pembiayaannya, kemudian infrastruktur yang akan dibangun nanti,” kata dia.

Tidak hanya itu, legislator dari fraksi Golkar itu juga menyebutkan Pansus akan mengkaji aspek lingkungan ibu kota yang baru. Kemudian mengenai aparatur sipil negara (ASN) yang akan bekerja di sana.

“Kedua adalah tentang bagaimana tempat atau lokasi yang lebih spesifik. Lahan lingkungan itu bukan hanya menyangkut lingkungan hidup saja, tetapi berbagai hal termasuk lingkungan sosial dan semacamnya,” papar Amali.

“Hal pokok ketiga adalah mengenai aparatur dan regulasi itu. Saya kira kita akan mengkaji tentang tiga pokok besar,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER