Jumat, 29 Maret, 2024

Jokowi Beberkan Keseriusan Pemerintah Atasi Karhutla di Riau

MONITOR, Riau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku pemerintah telah melakukan segala upaya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Baik di darat melalui upaya penyemprotan, hingga tambahan pasukan pada hari Sabtu (15/9) lalu.

Jokowi melanjutkan, dirinya telah mengajak masyarakat untuk melakukan shalat Istisqa atau meminta hujan secara bersama-sama.

“Yang kedua, doa juga sudah kita panjatkan. Keridaan-Nya juga sudah kita lakukan tadi salat, tadi malam juga, tadi juga Salat Istisqa (salat meminta hujan),” ujar Jokowi Kabupaten Pelalawan, Selasa (17/9).

Jokowi melanjutkan, dirinya juga mau berangkat untuk ikut melakukan hujan buatan. Meskipun hari Jumat lalu juga sudah diperintahkannya, dan sudah diterbangkan.

- Advertisement -

“Alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Nah ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Moga-moga, karena awannya ada kita berdoa semoga nanti juga jadi hujan, insyaallah di hari ini,” ucap Presiden.

Presiden menegaskan, segera upaya dilakukan pemerintah. Juga lewat water bombing dilakukan dengan 52 pesawat total.

“Artinya, ini segala upaya sudah kita lakukan tetapi memang, memang yang paling benar itu adalah pencegahan sebelum kejadian. Ini api satu langsung dipadamkan, satu padam, itu yang benar,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER