Kemendikbud Dorong Peningkatan Kualitas Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Didik Suhardi mendorong peningkatan kualitas implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Kemendikbud. Pemanfaatan SPBE harus berdampak pada peningkatan efisiensi dan efektivitas, serta manfaatnya dirasakan masyarakat.

“Saling sinergi, itulah yang penting dengan adanya SPBE kita bisa melihat program-program kerja yang ada berdasarkan Rencana Strategis yang sudah disusun hingga capaian kinerja akan terukur dan dirasakan masyarakat“, kata Didik Suhardi, saat membuka Rapat Koordinasi Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Kemendikbud, di Hotel Kristal Jakarta, Rabu (11/9/2019), seperti dikutip dari laman http://jardiknas.kemdikbud.go.id.

Didik Suhardi mengimbau agar satuan kerja pengelola SPBE di lingkungan Kemendikbud memperbaiki tata kelola TIK. Ia juga mengingatkan semua satuan kerja Kemendikbud untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang dimiliki Kemendikbud untuk Aplikasi Persuratan Elektronik (E-Office) dan  pos elektronik resmi Kemendikbud.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pustekkom Kemendikbud Gogot Suharwoto menekankan pentingnya tata kelola TIK yang baik agar bisa saling terintegrasi.

Untuk itu, satuan kerja di lingkungan Kemendikbud perlu mendukung kebijakan tata kelola TIK Kemendikbud dan menggunakan layanan-layanan SPBE yang telah dikembangkan.

“Kami juga berusaha untuk terus meningkatkan layanan-layanan yang ada untuk saling terintegrasi,” ujar Kepala Pustekkom.

Gogot juga mengajak agar satker untuk memperhatikan keamanan dari aplikasi yang dibuat dengan melaksanakan ujian kerentanan keamanan.

Ia juga mengajak peserta rapat koordinasi yang terdiri dari unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud untuk ikut menyosialisasikan media pembelajaran Rumah Belajar dan TV Edukasi.