Jokowi Akan Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata

47
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Kompas.com)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara pemakaman Presiden RI ke-tiga Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9). Rencananya Habibie dimakamkan pada pukul 1 siang.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, mendapat mandat dari Jokowi untuk mempersiapkan segala keperluan pemakaman Habibie. Dia telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait agar pemakaman berjalan lancar.

“Semua yang diperlukan, memfasilitasi keluarga, termasuk malam ini dan upacara besok. Kami koordinasi dengan Garnisun disiapkan dua tempat pemakaman di sebelah Almarhum Ainun di slot 120-121. Mohon doanya saja,” kata Pratikno, Rabu (11/9).

Pratikno belum bisa memastikan kapan acara pemakaman bakal dilangsungkan. Pemerintah masih akan berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait masalah ini.

“Diharapkan diputuskan malam ini dimakamkan jam berapa,” imbuh dia.

BJ Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun pada Rabu (11/9). Dia menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengatakan Bapak Teknologi Indonesia itu meninggal karena organ tubuh melemah karena faktor usia.