Hindari Intervensi Asing, DPR Sarankan Ada Kanalisasi Isu Papua

54
Demonstrasi Di Manokwari (Foto: Kabar Papua)

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI dapil Papua Barat Jimmy Demianus Ijie mengusulkan agar Pimpinan Dewan perlu melakukan kanalisasi terhadap isu Papua dan Papua Barat. Tujuannya agar tidak dibicarakan oleh banyak pihak, termasuk untuk meminimalisir intervensi dari luar negeri.

Jimmy menilai masalah Papua sudah menjadi bola liar, sehingga perlu ada pengawasan terhadap isu-isu yang kian berkembang.

“Masalah Papua sudah menjadi bola liar yang dimanfaatkan banyak pihak. saya baru membaca bagaimana pernyataan  Perdana Menteri Australia, lalu Komisi HAM PBB dan saya khawatir ada pihak lain yang ikut mencampuri,” ujar Jimmy di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Ia pun mengusulkan agar Pimpinan Dewan  turut proaktif dalam melakukan rapat dengar pendapat dengan berbagai pihak untuk meminimalisir isu yang tidak benar terkait Papua.

“Oleh karena itu, saya mengusulkan kepada Pimpinan Dewan untuk proaktif, apakah dalam bentuk rapat dengar pendapat atau bentuk lain, silahkan mengundang gubernur dan tokoh-tokoh yang direkomendasikan dengan dewan gubernur untuk dialog jangan sampai pihak lain ikut campur,” tegas politisi PDI-Perjuangan itu.