Sabtu, 27 April, 2024

Hari Jadi ke-650 Cirebon, Rokhmin Dahuri Didaulat sebagai Tokoh Nasional Inspiratif

MONITOR, Cirebon – Guru Besar IPB yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan, Prof. Rokhmin Dahuri bersama 19 orang lainnya didaulat sebagai Tokoh Nasional Inspiratif asal Cirebon pada Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon dalam rangka Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-650, Minggu (1/9/2019).

Rokhmin Dahuri sebagai tokoh nasional asal cirebon merupakan pakar, akademisi, dan politikus yang dinilai berkontribusi dalam kemajuan Cirebon sekaligus menginspirasi masyarakat dalam mengharumkan Cirebon di kancah nasional.

Saat menyampaikan pidatonya Rokhmin Dahuri mengajak seluruh masyarakat Cirebon untuk melakukan tiga hal dalam memperingati Hari Jadi Cirebon, yakni bersyukur, introspeksi diri, dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

“Kita mesti bersyukur kapada Allah Azza wa Jalla atas nikmat dan karuniaNya,” ujarnya.

“Kedua, kita harus senantiasa instrospeksi diri (muhasabah) atas perbuatan kita sbg individu maupun sebagai pejabat eksekutif, legislatif dan yudikatif serta rakyat terkait kinerja kita bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Cirebon pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” tambahnya.

Rokhmin Dahuri yang juga mantan menteri kelautan dan perikanan itupun meminta semua pihak di Cirebon bekerjasama mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat meningkatkan pembangunan SDM, IPTEK, infrastruktur dan ekonomi supaya Cirebon menjadi Kota yang liveable, prosperous, and sustainable.

“Pemerintah dan masyarakat Cirebon harus menyumbangkan kemampuan terbaik kita bagi Cirebon dan Indonesia yg lebih baik, maju dan sejahtera. Selain itu, antar sesama komponen warga Cirebon harus saling kerjasama dan bersaudara,” tandasnya.

Sebagai informasi, Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD, Ruri Tri Lesmana, juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan, Enggarstiato Lukita dan Wagub Jawa Barat, Uu Rhoznul Ulum.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, Walikota Cirebon Nasrudin Azis memberikan piagam penghargaan kepada 20 tokoh masyarakat Cirebon yang telah berjasa dan mengharumkan nama baik Cirebon. Keduapuluh tokoh termaksud antara lain adalah: Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj (Ketum PBNU), Dr. Enggarstiato Lukita (Mendag), Prof. Dr.Ir. Rokhmin Dahuri, MSc; Prof. Dr. Yudy Chrisnandi, Jenderal TNI Purn. Kuntara (Mantan Danjen Kopasus), Ir. Iman Taufiq (Pengusaha Nasional), Dewi Yul (Artis), dan Charlie Van Houten (eks ST12).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER