Kerusuhan di Papua, Polda Jambi Kirim 250 Brimob

Foto: Dok Antara

MONITOR, Jakarta – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi mengirimkan 250 pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Papua untuk membantu pengamanan situasi keamanan di sana pascakericuhan massa di Papua.

“Polda Jambi ditunjuk menjadi Kasatgas BKO Polda Papua. Ada dari Polda Sumsel 250 personel, Polda Bengkulu 250 personel, dan kita dari Polda Jambi 250 personel,” kata Kapolda Jambi Irjen Muchlis AS, Sabtu (31/8).

Sebelum dikirim ke Papua, para personil Brimob ini diberikan arahan dari Kapolda dan Wakapolda Jambi.

Kasat Brimob Polda Jambi Kombes Kasero Manggolo juga ditunjuk sebagai Dansatgas dalam BKO Polda Jambi di Papua.

“Yang tergabung dalam satgas Sumatera ini adalah Brimob Polda Sumatera Selatan, Brimob Polda Bengkulu, lalu Brimob Polda Jambi, dan dari personel kita ditunjuk menjadi Dansatgasnya dalam BKO dari Sumatera tersebut, yaitu Kasat Brimob Polda Jambi Kombes Kasero Manggolo,” ujar Muchlis.

Para personil ini diberangkatkan pada pukul 19.00 WIB dan siap ditempatkan di Papua sampai situasi aman dan kondusif.

“Dengan pengalaman yang dimiliki, saya yakin personel Brimob Polda Jambi dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Laksanakan tugas dengan profesional serta selalu mengedepankan hati nurani,” kata Muchlis.

“Kita belum tahu berapa lama personel Brimob yang di BKO di Papua itu. Yang jelas, jika kondisi di Papua sudah terkendali, maka itu yang kita harapkan,” sambungnya.

Dia juga mengingatkan agar para personil yang dikirim untuk mengamankan wilayah Papua ini selalu berhati-hati.