Jokowi Minta Pelaku Rasisme dan Kerusuhan Papua Diproses Hukum

Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Dok Google)

MONITOR, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat agar memproses hukum pelaku terhadap mahasiswa Papua di Surabaya. Jokowi juga meminta agar pelaku kerusuhan ditindak tegas.

“Dalam rapat terbatas beliau khusus membahas perkembangan tentang situasi Papua dan Papua Barat dan dalam penekanan beliau yang pertama, beliau ingin agar hukum ditegakan secara tegas,” ujar Menko Polhukam Wiranto menyampaikan pesan Jokowi dalam jumpa pers usai ratas di kantor presiden, Jumat (30/8/2019).

Menurut Wiranto, Presiden Jokowi telah meminta agar pelaku yang melanggar hukum di Surabaya dan kerusuhan di Papua dan Papua Barat untuk ditangani.

“Apakah masalah pelecehan tapi juga terutama demo anarkis, pembakaran, perusakan. Ini negara hukum sehingga beliau memastikan bahwa tindakan tegas harus dilakukan karena ini negara hukum,” tegas Wiranto.

Seperti diketahui sebelumnya, demonstrasi oleh sekelompok massa berujung kericuhan di Jayapura pada Kamis lalu.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut, demonstrasi itu menuntut proses hukum kepada pelaku rasisme di asrama mahasiswa Papua di Surabaya.