Wiranto Buktikan Keseriusan Pemerintah Tangani Konflik Papua

Menko Polhukam Wiranto (dok: humas Kemenko Polhukam)

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Pusat menunjukkan keseriusannya dalam menangani persoalan kericuhan yang belakangan terjadi di Papua dan Papua Barat. Menko Polhukam Wiranto pun mengamini saat ini pihaknya sedang berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan masalah disana.

“Pemerintah sekarang ini sedang berusaha sekuat tenaga, tidak membiarkan, tidak mendiamkan. Pemerintah akan hadir dengan cara-cara yang baik, yang benar, yang tepat sehingga menyelesaikan masalah untuk tidak menimbulkan masalah (baru),” ujar Wiranto kepada wartawan di Komplek Parleman, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8).

Wiranto menyatakan, Presiden Joko Widodo telah memanggil dirinya, Menteri Luar Negeri, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN untuk menyelesaikan masalah ini dengan baik dan dilanjutkan kunjungannya ke Papua kemarin, berdialog dengan masyarakat di sana.

“Kita bisa dialog dengan baik. Saya bisa menjawab masalah-masalah yang disampaikan masyarakat ke kita, asal kita tidak emosi, asal kita jujur, asal kita tetap berorientasi pada persatuan dan kesatuan kita,” lanjutnya.

Karena itu, mantan Panglima TNI itu menyayangkan jatuhnya korban akibat demonstrasi yang terjadi. Menurut Wiranto, hal tersebut seharusnya dapat dihindari sehingga tidak ada korban baik dari masyarakat ataupun aparat keamanan.

“Korban dari TNI tiga orang, satu meninggal dunia, dua luka dan sekarang masih kritis, yang satu luka parah dari parang dan panah. Dari pihak Kepolisian ada 4 orang yang luka-luka,” ungkap Wiranto.