Jumat, 26 April, 2024

Penanganan Papua, Bamsoet Usulkan Koopssus TNI Untuk Dioperasikan

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengusulkan, pemerintah bisa menjadikan pelibatan pasukan Komando Operasi Khusus (Koopssus TNI) yang baru saja diresmikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai salah satu opsi penanganan kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

“Kita punya komando pasukan khusus (Koopssus,red) untuk itu, yang baru saja diresmikan kemarin. Dan bisa kita segera operasikan,” kata Bamsoet kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (29/8).Selai

Selain itu, ia juga meminta agar Komisi I DPR yang membawahi bidang pertahanan untuk segera melakukan pemanggilan kepada semua pihak terkait, dalam rangka melakukan kajian mengenai kerusuhan tersebut.

“Kami (pimpinan dewan) serahkan sepenuhnya kepada mekanisme di DPR, kepada komisi I untuk meminta penjelasan kepada pihak terkait untuk kemudian merumuskannya dalam bentuk pengambilan langkah lebih kongkrit,” ujar dia.

- Advertisement -

“Juga melakukan kajian dari berbagai peristiwa, dan gerakan yang ada bisa dikategorikan menjadi gerakan sparatis atau gerakan orang bersenjata,” tambah politikus Golkar itu.

Dalam kesempatannya, Bamsoet juga mengungkapkan bahwa pimpinan dewan sudah sempat menerima sejumlah tokoh Papua dan juga menyampaikan solusi dari penanganan kerusuhan tersebut.

“Saya sendiri sebagai pimpinan dan beberapa pimpinan telah menerima beberapa tokoh papua dan telah menyampaikan solusinya. Dan saya mendengar juga presiden akan bertemu para tokoh agama, tokoh adat dan para tokoh papua dalam rangka pembahasan untuk menyelesaikan masalah Papua ini,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER