Kamis, 25 April, 2024

Polda Metro Jaya Diminta Usut Penebar Berita Hoaks Terkait Pansel Capim KPK

MONITOR, Jakarta – Sejumlah massa yang mengatasnamakan Pemuda Pengawal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Polda Metro Jaya, Selasa (26/8).

Kedatangan mereka mendesak Polda Metro Jaya untuk mengusut adanya oknum-oknum yang mencoba menebar fitnah dengan menyebar berita Hoak terhadap Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK.

“Beberapa waktu lalu Pansel Capim KPK telah mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi ke tahapan selanjutnya. Tetapi dari nama-nama 20 orang yang lolos seleksi, nampaknya diduga ada oknum-oknum yang tidak senang dengan menebar fitnah terhadap Pansel tersebut maupun beberapa peserta yang lolos seleksi,”ujar Kordinator Aksi, Agung.

Menurut Agung, adanya oknum-oknum penyebar hoak tidak bisa dibiarkan. Aparat kepolisian harus turun tangan menangkap para pelaku penyebar hoak tersebut.

- Advertisement -

“Hal ini menjadi keseriusan tersendiri bagi Pemuda Pengawal KPK, karena dengan penyebaran fitnah tersebut sangat disayangkan sekali sebab bisa menimbulkan pandangan berbeda terhadap Institusi Anti Rasuah dan Capim KPK itu sendiri, sekaligus membuat spekulasi dari masyarakat,”pungkasnya.

Dikethui, sebanyak 20 orang dinyatakan lolos tes “profile assessment” calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan 2019-2023. Peserta terbanyak berasal dari anggota Polri 4 orang, kemudian akademisi/dosen sejumlah 3 orang, dan jaksa 2 orang.

“Sebanyak 20 peserta yang lolos ini wajib melanjutkan seleksi ke tahapan selanjutnya, yaitu tes kesehatan, wawancara, dan uji publik,” ujar Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER