Kamis, 25 April, 2024

Gaji DPR Lebih Besar dari Presiden, Ini Kata Jokowi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung besaran gaji anggota DPR RI. Menurutnya, gaji anggota DPR lebih besar ketimbang gaji Presiden.

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri acara pembukaan orientasi pemantapan nilai-nilai kebangsaan terhadap anggota DPR dan DPD terpilih periode 2019-2024 di Bidakara, Senin (26/8).

“Sekarang urusan income, pendapatan anggota DPR, kan juga sudah lebih besar dari menteri. Bahkan lebih besar dari presiden. Maaf kalau saya keliru,” kata Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menganggukan kepala seolah mengamini pernyataan Jokowi. Respon tersebut lantas diyakini Jokowi bahwa memang benar adanya.

- Advertisement -

“Mestinya yang saya sampaikan tadi bener,” ucapnya.

Dengan begitu, Jokowi menekankan kepada anggota DPR untuk meningkatkan kinerjanya. Terkait fungsi legislasi DPR, Jokowi meminta agar DPR harus membuat UU yang sederhana dan fleksibel.

“Kita saat ini butuh deregulasi besar besaran, penyederhanaan dan konsistensi kita di dalam membuat regulasi, yang orientasi semuanya harus hasil, output,” kata Jokowi.

“Sehingga eksekutif ini bisa berjalan lebih cepat dan cepat memutuskan terhadap perubahan perubahan yang ada,” tambahnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER