Jumat, 29 Maret, 2024

Selesaikan Persoalan Papua, Ketua MPR: Pemerintah Harus Bisa Rebut Hati Masyarakat

MONITOR, Jakarta – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pemerintah harus segera merebut hati masyarakat Papua dan Papua Barat sebagai upaya menyelesaikan permasalahan di sana.

Ia pun mengatakan, merebut hati itu tidak cukup dengan membangun infrastruktur jalan saja dan fasilitas umum, seperti bandara.

“Hati masyarakat Papua harus direbut, tidak bisa hanya dengan membangun jalan saja dan tidak hanya membangun bandara,”ujar Zulhas.

Ketua Umum PAN itu mengakui, Papua harus mendapatkan perlakuan khusus dan kesetaraan. Meski dirinya menyadari hal itu tidaklah mudah untuk dilakukan, akan tetapi bisa dijalankan asal ada kemauan.

- Advertisement -

Zulkifli, Presiden Joko Widodo sudah sering mengunjungi Papua, namun menyelesaikan persoalan di sana harus dilakukan bersama-sama, tidak hanya presiden saja.

“Harus bersama-sama, tidak bisa pemerintah saja, DPR dan TNI-Polri bisa terlibat. Misalnya kami (PAN) mencalonkan putra terbaik Papua untuk DPR RI, alhamdulillah dapat dua, itu contoh merebut hati masyarakat Papua,” kata dia.

Tidak hanya itu, mantan Menteri Kehutanan RI itu mengatakan peristiwa di Papua seperti “panggilan yang membangunkan” bangsa Indonesia, sehingga pemerintah harus berhati-hati.

Pemerintah diminta dirinya benar-benar fokus menyelesaikan persoalan di Papua, karena menyangkut persoalan multidimensi.

“Negara besar seperti Uni Soviet saja bisa retak dan pisah. Karena itu pemerintah Indonesia harus berhati-hati,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER