Jumat, 19 April, 2024

Jokowi Minta Kapolri Tindak Tegas Pelaku Rasisme

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengaku terus memantau perkembangan di Tanah Papua. Pagi ini, ia pun memastikan situasi di wilayah Papua sudah normal kembali.

“Alhamdulillah situasi di sana sudah kembali berjalan normal. Tingkat pengamanan di Papua pun kini sudah diturunkan,” kata Jokowi, Jumat (23/8).

Dalam insiden ini, Jokowi mengatakan sikap kebesaran hati dan permintaan maaf adalah hal yang utama. Sikap tersebut harus dilakukan semata-mata agar elemen bangsa ini damai dan saling menghormati.

Sementara untuk penanganan kasus di Papua, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan dirinya sudah memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengerahkan anggota Polri menindak tegas oknum pelaku diskriminasi dan rasisme.

- Advertisement -

“Saya juga telah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis, yang rasis, secara tegas,” ujarnya.

Jokowi juga mengatakan, dirinya akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, juga tokoh agama, untuk berbicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua pada Minggu depan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER