Jokowi Pastikan Situasi Manokwari hingga Fakfak Aman

16
Presiden Joko Widodo mengunjungi wilayah Kupang (dok: Setkab)

MONITOR, Kupang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku dirinya terus mengijuti segala perkembangan yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Terlebih belakangan terakhir, masyarakat Papua menjadi sorotan publik pasca adanya tindakan rasisme di Surabaya dan Malang.

Orang nomor wahid di negeri ini menyampaikan, dirinya sudah menjalin komunikasi secara langsung dengan Gubernur Mandacan mengenai persoalan konflik di Manokwari hingga Sorong.

“Saya ikutin terus kok ya. Tadi pagi saya telepon juga Pak Gubernur Mandacan (Dominggus Mandacan, red) di Papua Barat untuk menanyakan mengenai di Manokwari, apa sudah baik? Sorong seperti apa?” ujarnya saat mengunjungi Desa Nunkurus, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (21/8).

Tak hanya memantau perkembangan Manokwari dan Sorong, Jokowi mengatakan dirinya juga mengikuti labar keadaan masyarakat di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, yang tengah bergejolak dengan aksi serupa.

Namun mantan Gubernur DKI Jakarta ini memastikan, bahwa semua keadaan di wilayah tersebut sudah terkondisikan secara baik.

“Sudah, apa, mulai terkondisikan baik, ya,” pungkasnya.