IHSG Dibuka Naik, Ikuti Penguatan Regional

12
Ilustrasi IHSG (Foto: dok radar lampung.com)

MONITOR, Jakarta – Sentimen positif regional menjadi pemicu penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan Selasa (20/8) sebesar 34 poin.

“IHSG dibuka naik mengikuti penguatan bursa regional,” ungkap Riset PT Samuel Sekuritas di Jakarta.

Dari dalam negeri, Rapat Dewan Gubernur BI juga akan memutuskan tingkat suku bunga bulan ini. 

Pada pembukaan perdagangan Senin ini, IHSG naik 34,9 poin (0,5 persen) ke posisi 6.320,18. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 menanjak 6 poin (0,6 persen) menjadi 986,23.

Untuk kondisi global, bursa AS berhasil rebound di akhir pekan lalu dengan ditutup naik ditengah pasar yang sangat berfluktuasi tajam. 

Rebound dari bond yields berhasil memperlemah kekhawatiran pasar terhadap kemungkinan resesi.

Presiden AS, Donald Trump bertemu dengan Tim Cook, CEO Apple minggu lalu, dimana Cook menyatakan kekhawatirannya terhadap pesaing utamanya yaitu Samsung. 

Cook khawatir akan efek pengenaan tarif ini terhadap daya saing produk Apple. Seperti diketahui, mayoritas produk Apple akan terkena tarif 10 persen apabila diimplementasikan saat 1 September 2019, mengingat mayoritas produk Apple diproduksi di Tiongkok. 

Berbeda dengan Samsung yang banyak memproduksi juga di Vietnam dan Korea Selatan.Sementara itu mayoritas bursa Asia pagi ini dibuka bergerak pada teritori positif.