Jumat, 29 Maret, 2024

Kunjungi Pusat Reklamasi Freeport, Jonan Tanam Pohon Bintangon

MONITOR, Timika – Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengunjungi lokasi pusat reklamasi keanekaragaman hayati PT FI di Timika, Papua. Di lokasi reklamasi ini, Jonan secara simbolis melakukan penanaman pohon Bintangon.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerjanya di PT Freeport Indonesia (PT FI) usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/8) lalu.

“Hari ini (Minggu,red) saya mengunjungi pusat budi daya untuk penanaman lagi di wilayah yang terkena dampak dari sisa tanah hasil kegiatan operasi pertambangan PT Freeport Indonesia yang di atas, di Grasberg dan sekitarnya,” ujar Jonan di lokasi reklamasi, Minggu (18/8).

“Menurut informasi dari Bapak Toni, tailing disini tidak berbahaya karena proses yang dilaksanakan adalah proses fisika dan bukan proses kimiawi yang berbahaya,” tambahnya.

- Advertisement -

Meski tidak berbahaya dan beracun, karena volumenya besar sekali yakni sekitar 200.000 ton per hari, menurut Jonan, semua yang terdampak seperti tanaman akan mati.

Menurutnya, ini mesti ditanami kembali sebab lokasi tempat penimbunan tailing diperkirakan akan kembali menjadi hutan alami dalam waktu 10-15 tahun. Setelah menjadi hutan kembali Jonan menyarankan agar ditanami tanaman keras jangan jenis perdu.

“Informasi yang saya dapat, lokasi limbah tailing ini dalam 10 tahun sudah menjadi “hutan muda“. Jika demikian maka saya menyarankan agar di lokasi ini lebih banyak ditanami tanaman keras misalnya, kayu merbau dan trambesi, kalau tanaman keras itu bisa survive mestinya “oke“, mengapa demikian, karena kalau hanya tanaman perdu itu lebih mudah, karena dia bisa menyesuaikan di berbagai jenis soil yang bermacam-macam, tetapi kalau tanaman keras belum tentu,” ujar Jonan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER