Jumat, 19 April, 2024

Pertama Kali, Menteri ESDM Pimpin Upacara HUT RI di PT Freeport

MONITOR, Papua – Ada yang baru dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan PT Freeport Indonesia (PTFI) Papua. Pertama kali, pelaksanaan apel upacara di perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini dipimpin seorang Menteri sejak perusahaan ini beroperasi di Indonesia tahun 1967 silam.

Ya, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berkesempatan memimpin jalannya apel HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di area PT Freeport Indonesia (PTFI), Papua.

Bertugas sebagai Inspektur Upacara, Jonan mengatakan bahwa kemerdekaan bukanlah sekedar anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, namun juga melalui perjuangan panjang yang diperoleh dengan tetesan darah dari para pahlawan bangsa.

“Para Pejuang kita telah mengorbankan segala daya dan upaya melalui harta benda, pikiran, bahkan nyawa demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa,” kata Jonan.

- Advertisement -

“Buah dari perjuangan para pejuang tersebut dapat kita nikmati dan wajib kita pertahankan dan kita kembangkan sesuai dengan perkembangan zaman,” tambahnya.

Ia menjelaskan, HUT Ke-74 RI yang mengusung tema pengembangan sumber daya manusia ini, sesuai arahan Presiden wajib mengembangkan potensi anak bangsa agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan globalisasi yang berubah dari waktu ke waktu.

Terkait hal itu, Jonan meminta agar PT FI tetap terus mengembangkan sumber daya manusia yang ada.

“Kepada PTFI agar bisa terus dapat mengembangkan anak bangsa dan berpartisipasi dalam operasi PT Freeport Indonesia baik di Tembagapura atau di lokasi yang lain,” pinta Jonan.

Apel HUT Ke-74 RI PT FI dilaksanakan di Lapangan Sport Hal 68, Tembagapura, dihadiri Presiden Direktur PT FI, Toni Wenas dan jajaran pimpinan PT FI. Sekitar 950 orang yang terdiri dari karyawan Freeport, masyarakat dan komunitas setempat, sekolah-sekolah, TNI dan Polri juga hadir pada upacara ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER