Di Sidang Tahunan MPR, Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Persatuan

17
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sidang bersama MPR, DPR, DPD RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta (Foto: Rangga Darmawan)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia sebagai rumah bersama hanya dapat terwujud jika semua yang berada didalamnya mau bersatu.

Hal itu disampaikan Presiden untuk menghadirkan kembali semangat para pejuang kemerdekaan74 tahun yang lalu.

“Pada sidang majelis terhormat ini saya mau menghadirkan kembali semangat yang menyala di hati para pejuang kemerdekaan 74 tahun lalu, bahwa Indonesia merupakan rumah bersama. Dan hanya mungkin dapat terwujud jika mau bersatu,” kata Presiden saat menyampaikan pidatonya, di Ruang Sidang Tahunan MPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jumat (16/8).

Presiden pun mengajak agar semua elemen bangsa ini dapat bersatu, baik bersatu untuk mencapai satu tujuan bersama, mau bersatu untuk bergerak dijalan perubahan, serta optimisme dalam menatap masa depan.

“Bersatu untuk mencapai satu tujuan dan bersatu untuk bergerak dijalan perubahan. Bersatu dengan penuh optimisme menatap masa depan,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa semangat persatuan itulah yang kemudian mengantarkan Indonesia saat ini menjadi negara merdeka, dan sebagai negara yang berdiri sejajar dengan bangsa lain di dunia.

“Dan semangat itulah yg mengantarkan Indonesia menjadi negara yg merdeka, negara berdaulat yg berdiri sejajar dengan bangsa bangsa lain di dunia,” ucapnya.

Tidak hanya itu, presiden juga mengingatkan bagaimana tantangan bangsa ini ke depan yang kian kompleks tidak kemudian menyurutkan api semangat persatuan di dalam hati semua elemen bangsa ini.

“Kita berada di era di mana dunia berubah sangat cepat, tetapi kita tidak boleh kehilangan bintang penjuru,” pungkasnya.