Jelang Peringatan HUT DPR ke 74, Sesjen: Persiapkan ‘Pesta Rakyat’ Untuk Masyarakat Luas

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. Foto: Ist

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sesjen) DPR RI Indra Iskandar mengatakan saat ini Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI tengah menyiapkan rangkaian kegiatan guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) DPR RI ke 74, pada 29 Agustus 2019.

Indra juga menyampaikan bahwa pada tanggal 31 Agustus 2019, akan diadakan Pesta Rakyat yang dapat diikuti dan disaksikan masyarakat luas.

“Ulang Tahun DPR RI yang ke 74 ini nanti akan ada Sidang Paripurna soal kinerja yang akan disampaikan Ketua DPR, itu yang berkaitan dengan kedewanan. Juga akan ada hiburan seperti tahun lalu yang melibatkan masyarakat luas,” kata Indra usai memimpin rapat koordinasi persiapan peringatan HUT DPR RI ke 74, di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (15/8).

Masih dikatakan dia, dalam laporan kinerja dan program-program yang sudah maupun belum tercapai akan disampaikan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Tentunya, sambung dia, karena ini merupakan akhir periode masa bakti anggota dewan 2014-2019, yang diharapkan dapat menghantarkan DPR ke depan untuk lebih baik lagi. Baik dalam aspek fungsi anggaran, pengawasan maupun legislasi.

“Banyak legislasi yang belum tuntas, termasuk juga produk legislasi yang sifatnya sudah final, namun belum dituntaskan secara persidangan. Kita berharap ke depan PR-PR legislasi ini bisa diselesaikan dengan baik,” ucapnya.

Momentum peringatan HUT DPR RI diharapkan mendapatkan anemo positif dari seluruh masyarakat, Indra mengatakan bahwa DPR RI yang merupakan pengejewantahan dari rakyat. Jadi kegiatan apapun yang kita lakukan harus mencerminkan aspek-aspek yang melibatkan masyarakat yang bersifat pendidikan maupun hiburan hingga partisipatif lainnya.

Pada rangkaian kegiatan Pesta Rakyat akan diadakan perlombaan yang sifatknya hiburan dan bisa diikuti oleh masyarakat luas, diantaranya Sepeda Santai, Panjat Bambu Betung, Festival Musik, Pameran Burung, Melukis, Lomba Kritik DPR, dan Stand Up Komedi. “Lomba Kritik DPR juga penting untuk menangkap masukan masyakat terhadap bagaimana DPR yang ideal ke depan,” pungkas Indra.