Awali Pagi Ini, IHSG Siap Lanjutkan Penguatan

20
Ilustrasi IHSG (Foto: dok radar lampung.com)

MONITOR, Jakarta – Laju pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini (15/8) akan berupaya mempertahankan pola uptrend jangka panjang.

Menurut Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya sejauh ini pola pergerakan IHSG masih berada dalam tren kenaikan jangka panjang, walaupun sebelumnya terkoreksi akibat aliran modal keluar dan sentimen negatif regional.

“Saat ini, IHSG memiliki support terdekat yang akan berupaya dipertahankan pada level 6.231, sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada di posisi 6.372,” kata William melalui risetnya hari ini.

Ia menyarankan, adanya momentum koreksi wajar dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian, sebab secara jangka panjang laju IHSG masih berada dalam pola uptrend.

Dengan adanya potensi penguatan IHSG, ia merekomendasikan beberapa saham pilihan seperti ASII, AKRA, BBNI, BBCA, INDF, HMSP, KLBF, ROTI, dan SRIL.

Potensi penguatan IHSG hari ini juga diramal oleh analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama. Ia melihat indikator MACD masih berada di area negatif, namun indikator Stochastic dan RSI terlihat berada di area netral.

“Terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju area resisten,” tutur Nafan.

Menurut dia, saat ini support pertama dan kedua berada pada level 6.190 dan 6.153, sedangkan resisten pertama dan kedua di posisi 6.283 dan 6.319. Dengan adanya peluang kenaikan lanjutan IHSG, ia merekomendasikan beberapa saham ini, yakni BNGA, ELSA, KAEF, LPCK, dan MEDC.