Sentimen Positif Global Picu Penguatan Indeks

19
Ilustrasi IHSG (Foto: dok radar lampung.com)

MONITOR, Jakarta – Sentimen positif global menjadi pemicu penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan Rabu (14/8) sebesar 44,55 poin.

“Bursa Indonesia dibuka menguat mengikuti pergerakan bursa global,” ungkap Riset PT Samuel Sekuritas di Jakarta.

Pada pembukaan perdagangan Rabu ini, IHSG naik 44,55 poin (0,72 persen) ke posisi 6.255,51. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 menanjak 11,06 poin (1,13) persen menjadi 987,41.

Untuk kondisi bursa global, saham AS pada perdagangan semalam ditutup menguat, dengan indeks Dow Jones naik 1,44 persen, S&P 500 menanjak 1,48 persen serta Nasdaq menguat 1,95 persen. 

Penguatan terjadi setelah Presiden AS, Donald Trump menunda tarif beberapa produk impor Tiongkok yaitu telepon seluler, laptop, mainan anak, sepatu dan pakaian.

Sebelumnya, tarif tambahan ini dijadwalkan mulai berlaku pada 1 September 2019 mendatang, namun Presiden Trump mengatakan penundaan tersebut agar tidak membebani penduduk AS pada perayaan Natal. 

Para pelaku pasar merespon positif langkah yang dilakukan AS dan ada sinyal optimis akan terjadinya dialog tentang perang dagang di awal September mendatang sebagai lanjutan negosiasi dagang yang sebelumnya dilakukan di Beijing.

Sentimen positif dari penundaan tarif juga terasa pada bursa Asia, dimana pada pembukaan perdagangan pagi ini mayoritas dibuka pada teritori hijau.