Minggu, 28 November, 2021

Survey ETOS: Dukungan Bamsoet Meningkat, Internal Inginkan Adanya Pergantian

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif ETOS Indonesia Institute Iskandarsyah mengatakan, nama bakal calon ketua umum (Balon Ketum) DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengalami peningkatan dukungan internal sebesar 1,8 persen.

Hal ini berdasarkan hasil survei Pra musyawarah nasional (Munas) yang dilakukan lembaga survey ETOS Institute terhadap 1500 responden yang merupakan respresentasi suara partai Golkar pada tanggal 24 Juli-6 Agustus 2019.

Dengan perincian, 1500 responden tersebut yang terdiri dari simpatisan, anggota dan fungsionaris Partai Golkar.

“Keunikan dalam survey kali ini Mas Bambang Soesatyo selaku calon ketum Partai Golkar mengalami kenaikan (dukungan,red) dengan presentasi sebesar 1,8 persen dari survey sebelumnya,” kata Iskandarsyah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/8).

- Advertisement -

Dengan adanya peningkatan dukungan itu, imbuh dia, sehingga hasil survey ketua DPR RI itu masih berada di posisi unggul diantara Balon Ketum partai beringin lainnya. Termasuk, Airlangga Hartanto sebagai calon petahana.

“Dua nama menjadi calon Ketua Umum Partai Golkar yang paling banyak dipilih responden yakni Bambang Soesatyo sebesar 43,8 persen dan Airlangga Hartarto sebesar 36 persen,” papar Is.

“Sedangkan sisanya adalah Indra Bambang Utoyo sebesar 7,8 persen, Agus Gumiwang dengan perolehan 6,8 persen , Ahmad Doli Kurnia 4,8 persen, dan Yorrys Raweyai sebesar 0,8 persen,” tambahnya.

Berdasarkan hasil itu, kata Is, ada sebesar 63 persen responden yang menginginkan adanya pergantian kepemimpinan di tingkat pusat.

Kendati demikian, Mas Is mengingatkan semua pihak untuk tidak berlebihan dalam menyikapi pelaksanaan Munas, terlebih mengenai pemilihan ketua umum mendatang.

“Biarkan ini semua mengalir seperti air, baik internal maupun eksternal silahkan menilai lewat analisanya masing-masing,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumny, hasil survey yang dilakukan ETOS tertanggal 1 Juli-14 Juli 2019 menempatkan Bambang Soesatyo (Bamsoet) memiliki dukungan internal sebesar 42 persen, yang kemudian diikuti pada posisi kedua, Airlangga Hartanto sebagai calon petahana dengan perolehan 37 persen.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER