Rabu, 24 April, 2024

Ingat Pesan Bung Karno, Megawati Curhat Kondisi Bangsa Sempat Pecah

MONITOR, Bali – Fenomena disintegrasi antar anak bangsa pasca Pilpres 2019 menyita perhatian banyak kalangan, tak terkecuali Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pada Kongres ke-V PDIP, Megawati mengatakan polemik tersebut harus segera dicegah dan diatasi cepat oleh pemerintah. Untuk itu, gelaran Kongres merupakan forum terbaik untuk memutuskan hasil musyawarah kader partai atas kondisi bangsa saat ini.

“Saya secara pribadi melakukan perenungan atas fenomena disintegrasi pasca Pemilu 2019,” ujar Megawati saat memberikan sambutan acara di Inna Grand Bali, kamis (8/8).

Presiden RI kelima ini mengutip pernyatan ayahnya, Bung Karno, bahwa jangan sampai agenda hajatan Pilpres atau Pemilu justru membuat retak persatuan bangsa, dan menjadi pertempuran politik yang mengerikan.

- Advertisement -

“Saya teringat pesan ayah saya Bung Karno pada 17 Agustus 1954, menjelang Pemilu pertama pada tahun 1955. Saya kutip, sudah kukatakan berulang-ulang, janganlah Pemilu ini menjadi arena pertempuran politik hingga membahayakan keutuhan bangsa,” ujar Megawati mengutip pernyataan pidato Soekarno.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER