Senin, 20 September, 2021

Jusuf Kalla Prediksi PDI-P dan Gerindra Bakal Berkoalisi

MONITOR, Jakarta – Kemana arah partai politik (parpol) koalisi Prabowo Subianto pasca Pilpres 2019, hingga kini masih belum jelas. Namun Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) memprediksi kalau Partai Gerinda bisa berkoalisi dengan PDI-P pasca perhelatan Pilpres.

Prediksi JK tersebut bukan tanpa alasan. Dijelaskan JK, Ketua Umum PDI-P Megawati dan Ketua Umum Partai Gerindra punya sejarah kebersamaan.

“Kebersamaan Ibu Mega dan Pak Prabowo itu terjadi di Pilpres 2009. Mereka pernah berpasangan saat itu. Nah dengan sejarah itu bukan tidak mungkin keduanya kembali merajut kebersamaan untuk mendukung jalannya pemerintahan Pak Jokowi-Ma’ruf Amin,” terang JK di Kantor Wapres, Jakarta Pusat.

Namun, dijelaskan JK, keputusan berkoalisinya Gerindra-PDIP tergantung Prabowo dan Jokowi. Ia menyerahkan sepenuhnya hal tersebut kepada pihak terkait.

- Advertisement -

“Tentang apakah itu Gerindra masuk koalisi, itu terserah Pak Jokowi dan Pak Prabowo, dan juga koalisi pemerintah yang ada,” kata JK.

JK mengibaratkan koalisi seperti perkawinan. Dalam perkawinan harus mendapat persetujuan pihak keluarga.

“Karena kalau mau kawin kan harus ada persetujuan yang kawin dan keluarga dekat. Anggaplah partai itu keluarga dekat. Kalau keluarga tak setuju, ya susah juga kawin,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER