Effendi Gazali Dikukuhkan jadi Guru Besar Universitas Moestopo (Beragama)

Effendi Gazali memujui kepakaran guru besar IPB, Rokhmin Dahuri sebagai dewanya kemaritiman

3583

MONITOR, Jakarta – Pengamat Komunikasi Politik, Effendi Gazali bersama Prof. Dr. Budiharjo Resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Perencanaan Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Gedung Kesenian Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Hadir dalam acara pengukuhan tersebut antara lain civitas akademik Universitas Prof. Dr Moestopo (Beragama), dan guru besar dari sejumlah universitas dan banyak bidang keahlian serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Budiharjo menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Meraih Mutu Menggapai Masa Depan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”. Sementara itu, rekan sejawatnya, Effendi Gazali menyampaikan orasi ilmiah “Merajut Indonesia: Menuju Konstelasi Algoritma Komunikasi Politik yang Lebih Mempersatukan”.

Dalam kesempatan tersebut, Effendi Gazali menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih satu per satu Guru Besar yang hadir, salah satu diantaranya adalah guru besar fakultas perikanan dan ilmu kelautan IPB, Prof. Rokhmin Dahuri yang ia sebut sebagai dewanya maritim.

“Terimakasih kepada Prof.Rokhmin Dahuri, saya sangat mengakui kepakaran beliau di bidang kemaritiman, guru Besar kelautan dan perikanan IPB ahli akuakultur budidaya dan lain-lain, Dewa nya Maritim”. Sebutnya.

Sementara itu, ditemui secara terpisah, Rokhmin yang juga mantan menteri kelautan dan perikanan balik memuji Effendi Gazali sebagai sosok yang konsisten dan tekun dalam bidang komunikasi politik. “itu penilaian beliau (soal kemaritiman-red), saya berterimakasih jika ada rekognisi dari beliau,” ujar ketua DPP PDIP Bidang Maritim itu menanggapi pernyataan Effendi Gazali.

“Adinda EG (Effendi Gazali-red) merupakan Pakar Komunikasi Politik yang paling the best di Indonesia,” sebutnya.

Rokhmin berharap, dengan pengukuhan guru besar tersebut, Effendi Gazali dapat terus lebih produktif lagi, “Agar ilmunya bermanfaat sehingga negeri ini bisa lebih baik lagi, maju, adil-makmur, sejahtera dan berdaulat. Selamat saya ucapkan kepada adinda EG,” Pungkasnya.

Sebagai informasi, Effendi Gazali merupakan sarjana Komunikasi dari Universitas Indonesia (1990). Ia kemudian mendapatkan gelar Master Komunikasi juga di UI pada 1996, dan Master bidang International Development (konsentrasi: International Communication) dari Cornell Ithaca University, New York tahun 2000. Gelar Ph.D. Gazali diperoleh dalam bidang Komunikasi Politik dari Radboud Nijmegen University Belanda tahun 2004.