PARLEMEN

DPR Desak Menaker dan Kepolisian Razia Penyalur Tenaga Kerja Anak-anak

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersama Kepolisian melakukan razia dan penelurusan terhadap agen-agen penyalur tenaga kerja yang menjadikan anak-anak sebagai objek utamanya.

Hal itu disampaikan menyusul kian maraknya anak-anak Indonesia yang diperdagangkan dengan modus perekrutan tenaga kerja, baik dalam maupun di luar negeri.

“Terutama terhadap penyalur tenaga kerja yang tidak memenuhi persyaratan baik izin operasional maupun akta pendiriannya, agar ditindak tegas berdasarkan Pasal 3 dan Pasal 4 UU No. 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang,” kata Bamsoet, di Jakarta, Selasa (30/7).

Tidak hanya itu, Bamsoet juga meminta supaya Kepolisian dan Dirjen Imigrasi untuk memperkatat pemberian Paspor dan melakukan pengawasan di setiap pintu keluar dan masuk ( Bandara dan pelabuhan).

“Terlebih, pada pelabuhan-pelabuhan tikus serta melakukan patroli laut agar dapat mencegah lolosnya pengiriman anak-anak ke luar Indonesia,” paparnya.

Politikus Golkar ini juga mendorong agar pemerintahan Jokowi-JK melalui pemerintahan daerah (Pemda) maupun swasta untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, agar dapat memenuhi tuntutan kehidupan terutama kebutuhan rumah tangga, untuk mempersempit ruang gerak oknum yang tidak bertanggung jawab merekrut anak-anak dengan diberi pekerjaan.

“Mendorong pemerintah melalui Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah tetap mewajibkan anak-anak wajib belajar 9 tahun secara gratis, serta pemberian bantuan beasiswa terhadap anak yang mempunyai kemampuan secara akademis.”

“Juga mengingatkan kepada orang tua untuk tidak mudah percaya terhadap iming-iming gaji besar yang ditawarkan oleh oknum yang merekrut, agar anaknya selamat dari jebakan untuk diperdagangkan,” pungkasnya.

Recent Posts

Dukung Pengembangan Ekonomi Nasional, Kopdit CU Lete Konda NTT Nikmati Layanan LPDB-KUMKM

MONITOR, Jakarta - Koperasi adalah salah satu jenis usaha yang berperan penting untuk perekonomian masyarakat.…

6 menit yang lalu

Lakukan Rapat Tinjauan Manajemen, UNAS Konsisten Tingkatkan Budaya Mutu

MONITOR, Jakarta – Universitas Nasional (UNAS) secara konsisten terus meningkatkan budaya mutunya. Hal tersebut diimplementasikan…

24 menit yang lalu

Tim U-23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024

MONITOR, Jakarta - Tim U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan 0-2 dari Uzbekistan pada laga semifinal…

1 jam yang lalu

Bakamla RI Evakuasi ABK Kapal Tanzania Terbakar di Perairan Pulau Timor

MONITOR, Jakarta - Kapal Negara (KN) Pulau Marore - 322 Bakamla RI di bawah komando…

2 jam yang lalu

Gerakan Pencegahan Malaria Harus Konsisten

MONITOR, Jakarta - Gerakan pencegahan penyakit malaria harus konsisten dilakukan dengan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang…

2 jam yang lalu

Kunjungi farm lele bioflok, Prof Rokhmin: inilah esensi green dan sircular economy

MONITOR, Bekasi – Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) Prof. Rokhmin Dahuri saat mengunjungi Eazy Farm…

3 jam yang lalu