Terkuak Alasan Anies Ingin Rayakan Agustusan di Pulau Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Kendati masih kerap di demo soal terbitnya IMB di Pulau Reklamasi, ternyata tak membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhenti untuk menunjukan kepada publik kalau keberadaan lahan reklamasi itu bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Caranya, Anies pun berencana menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 di Pantai Maju atau Pulau D teluk Jakarta.

Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Hani Sumarno membenarkan adanya rencana Pemprov DKI untuk merayakan HUT Kemerdekaan di kawasan hasil reklamasi

Menurut Hani, awalnya ada dua opsi tempat untuk upacara HUT RI ke-74, yakni Pantai Maju dan Pantai Kita. Akhirnya, diputuskan untuk menyelenggarakannya di Pantai Maju atau Pulau D.

“Ada dua tempat sebelumnya, baru Selasa kemarin, diputuskan tempat di pantai Maju awalnya di pantai Kita,” ujar Hani saat dihubungi wartawan.

Hani menyebut fasilitas di pulau tersebut sudah dibangun dan dalam kondisi baik. Sehingga, itu salah satu alasan pihaknya untuk melaksanakan upacara di kawasan tersebut.

“Pantai maju itu aksesnya sudah baik, sudah di aspal, juga di tengah ada kawasan rumput, pohon, waktu ground breaking jalasena,” katanya.

Menurutnya, dengan begitu menunjukan Indonesia memiliki kedaulatan yang kuat baik di laut, darat, maupun udara.

“Apapun kondisi laut, kita memiliki kawasan berbatas laut ini jadi penanda bahwa Jakarta ini anak pantai,” kata dia.

Ia menuturkan, ini juga menjadi representasi bahwa kawasan pantai di pulau yang direklamasi itu sudah bisa diakses publik secara terbuka.