Polemik Anies ke Luar Negeri, Ini Reaksi Mendagri

27
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (net)

MONITOR, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan jika pihaknta tidak mempersoalkan kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke luar negeri. 

Pasalnya, kepala daerah itu telah mengajukan izin atas Kunker ke Kolombia dan Amerika Serikat dalam sekali perjalanan.

“Terkait izin ke luar negeri Pak Anies  Baswedan sudah clear. Dia sudah izin ke luar negeri termasuk perpanjangan izin juga sudah lapor,” ucap Tjahjo melalui keterangan tertulis, Selasa, (23/7).

Masih dikatakan menteri yang juga politikus PDI Perjuangan itu juga meluruskan pernyataannya mengenai kepala daerah atau wakil kepala daerah ke luar negeri tanpa izin.

Bahkan, ia berdalih tak pernah mengaitkan hal itu dengan Kunker yang dilakukan Anies Baswedan, belakangan ini.

“Saya tidak singgung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, malah saya sebut kunjungan kerjanya sudah ada izin, hal ini saya tegaskan untuk tidak dipelintir pernyataan saya dan ini saya luruskan,” tandasnya.

Seperti diberitakan, Kunker Anies menuai komentar miring. Anies meninggalkan Jakarta saat DKI tidak memiliki wakil untuk tetap menjalankan tugas gubernur selama berada di luar negeri kemarin.

Anies terbang ke Kolombia dan Amerika selama 10 hari, terhitung dari 9-18 Juli 2019. Anies pergi ke Kolombia untuk menjadi pembicara World Cities Summit. 

Selepas dari Kolombia, Anies melanjutkan penerbangannya ke Amerika Serikat untuk menghadiri United States-Indonesia Society (USINDO).