Jumat, 29 Maret, 2024

Selama Jabat Gubernur, Anies Dua Kali Kunjungan ke Luar Negeri

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tercatat dua kali mengadakan kunjungan kerja ke luar negeri. Keduanya merupakan konferensi global, sehingga ada keuntungan bertemu bilateral dengan banyak pemimpin kota dan lembaga sekaligus dalam satu tempat.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN) Pemprov DKI Jakarta Mawardi mengatakan, Anies diundang sebagai pembicara untuk memaparkan mengenai perkembangan kota Jakarta.

Selain dua kali kunjungan kerja, Anies juga melaksanakan dua kali kunjungan singkat/sehari ke singapore yaitu untuk menjenguk Ibu Ani dan ceramah. Mawardi mengatakan, semuanya sudah berdasar pada persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Semua ada pemberitahuan dan ada balasan,” ujar Mawardi, Senin (22/7).

- Advertisement -

Ia menyebut perjalanan Gubernur Anies ke luar negeri pertama selama 2019 adalah, pada 2 Maret untuk menjenguk istri Presiden RI ke-6, Ani Yudhoyono yang saat itu dirawat di National University Hospital (NUH), Singapore.

“Bahkan saat menjenguk itu semua perjalanan Gubernur menggunakan dana pribadi dan tanpa APBD. Beliau tidak bermalam, berangkat pagi dan sore sudah pulang ke Jakarta,” ujar Mawardi lagi.

Kemudian Anies pada 3 Mei untuk menjadi Keynote Speaker The Pyramid’s Annual Post-AGM Gala Dinner yang dilaksanakan di Singapura. Acara tersebut berdasar undangan Vivian Balakrishnan yang juga Menteri Luar Negeri Singapura. Anies berpidato di hadapan pemimpin Singapura, mulai dari perdana menteri, para pemimpin bisnis, tokoh akademisi, para menteri anggota kabinet, dan termasuk mantan Perdana Menteri.

Mawardi juga menyebut bahwa seluruh transportasi dan akomodasi tersebut ditanggung oleh pihak penyelenggara.

“Kami mengajukan permohonan izinnya pada 21 Maret dan dibalas oleh Mendagri pada 5 April,” terangnya.

Perjalanan dinas Gubernur Anies yang pertama yaitu menghadiri pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit Agenda di Tokyo, Jepang pada 20-21 Mei. U20 merupakan pertemuan pemimpin ibu kota negara anggota G20. Pertemuan U20 adalah rangkaian dari kegiatan pertemuan G20 yang juga dilaksanakan di Jepang.

Pada pertemuan U20 tersebut, lanjut Mawardi, Gubernur Anies sekaligus menjadi pembicara mengenai perubahan iklim. Gubernur Anies adalah satu-satunya gubernur yang diundang berbicara dalam 3 forum yang berbeda. Selain itu juga, Gubernur Anies juga memberikan paparan khusus tentang Jakarta di Sasakawa Foundation dan pertemuan bilateral dengan Gubernur Tokyo untuk memperingati Hubungan Persahabatan Kota Ke-30 antara Tokyo dan Jakarta yang telah terjalin sejak tahun 1989. Bahkan, tambah Mawardi, untuk perjalanan ke Tokyo, Pemprov sudah mengajukan surat permohonan izin kepada Mendagri sejak bulan Januari 2019.

Perjalanan dinas kedua, Gubernur Anies menuju ke Medellin, Kolombia dan Amerika Serikat pada 8-17 Juli lalu. Ada sejumlah kegiatan yang dihadiri oleh Gubernur. Seperti menjadi pembicara pada pertemuan pemimpin kota sedunia The World Cities Summit Mayors Forum 2019, pembicara pada pertemuan USINDO Open Forum, dan bernegoisasi dengan Formula E.

Hasilnya, Jakarta bisa menjadi tuan rumah Formula E pada 2020. Berdasar pada assessment ekonomi yang dihitung, Jakarta diperkirakan mendapatkan keuntungan sekitar Rp 1,2 triliun ketika menjadi tuan rumah Formula E.

Anies juga memaparkan kemajuan Kota Jakarta kepada pemimpin kota sedunia lainnya dan bersiap sebagai kota global. Pada keberangkatan ke Kolombia dan Amerika tersebut, Pemprov juga sudah mengajukan surat kepada Mendagri pada 28 Mei.

“Sesuai aturan, minimal 10 hari sebelum keberangkatan sudah mengajukan surat permohonan kepada Mendagri. Kami selalu beberapa minggu sebelumnya. Bahkan ada yang beberapa bulan sebelumnya. Dan selalu mendapatkan izin dari Mendagri,” ucapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER