Orang Betawi Sepakat Sodorkan Bang Ipul jadi Pendamping Anies

4754

MONITOR, Jakarta – Janji Wakil Rakyat Jakarta untuk memilih Wakil Gubernur pada 22 Juli seperti tak akan terealisasi. Buktinya hingga kini Pansus Wakil Gubernur (Wagub) belum bisa mengesahkan tata tertib (tatib) yang akan menjadi acuan saat pemilihan wagub.

Melihat fakta ini, masyarakat Betawi yang notabene sebagai penduduk asli Jakarta, mengharapkan kalau kursi kosong wagub diisi oleh Putra Betawi.

“Saya kira tidak berlebihan kalau orang Betawi mengharapkan orang yang bisa duduk sebagai Wagub DKI berasal dari putra daerah yakni orang Betawi tulen,” ungkap Anggota Majelis Adat Betawi Zainuddin kepada MONITOR.

Menurut Zainuddin yang juga duduk sebagai anggota DPRD DKI dari Fraksi Golkar ini, Putra Betawi yang pantas menjabat Wagub DKI menggantikan posisi Sandiaga Uno tersebut tak lain adalah Saefullah yang sekarang ini menjabat sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta.

“Saya kira Bang Ipul-panggilan akrab Saifullah, sebagai orang Betawi pantas menjadi Wagub DKI,” tegasnya.

Dikatakan Zainuddin, peluang Bang Ipul untuk menjadi Wagub saat ini masih terbuka, melihat sampai saat ini DPRD DKI belum juga melakukan pilihan terhadap dual calon wakil gubernur (cawagub) yang disodorkan PKS dan Gerindra sebagai partai pengusung.

Apalagi isu yang berkembang saat ini adalah, apabila dalam pemilihan tak mencapai kuorum dua kali paripurna, maka dua cawagub yang sudah di sodorkan ke DPRD DKI akan dikembalikan ke partai pengusung dalam hal ini PKS dan Gerindra.

“Disinilah kesempatan Bang Ipul untuk bisa diusulkan oleh PKS dan Gerindra untuk maju sebagai cawagub,” terangnya.

Politisi gaek dari Partai Golkar ini pun mengatakan, posisi wagub yang sekian lama kosong menjadi bahan perbincangan bukan hanya warga Jakarta saja tetapi juga dibanyak daerah.

Menurutnya, DPRD terkesan lambat memproses pergantian ini padahal bukan sesuatu yang sulit tetapi mungkin ada pertimbangan dewan dalam sudut pandang politis dan itu kita hargai.

“Sebagai putra daerah saya menginginkan agar proses pergantian ini bisa dipercepat. Mengingat kedudukannya sebagai putra asli daerah banyak aspirasi yang berkembang di kalangan tokoh betawi agar kursi wagub diisi oleh putra betawi”ujarnya.

Dikatakan Zainuddin, sosok Bang Ipul yang saat ini menjabat sebagai Sekda Provinsi DKI bisa dibilang sosok yang mempuni dan tepat untuk mengisi kursi Wagub yang kosong.

“Sudah waktunya partai-partai pengusung legowo memberikan penghargaan dan kepercayaan kepada Putra Betawi sebagai Wagub. Apalagi dalam Pilpres dan Pileg kemarin sebagian besar suara betawi kita tahu ke partai mana berlabuh,” imbuhnya.

Oleh kerenanya Zainuddin pun mengingatkan kepada warga betawi untuk mencatat dan merekam dengan baik partai mana yang peduli dan yang tidak kepada kaum Betawi.

“Saya sudah sampaikan dukungan Betawi terhadap Bang Ipul untuk menjadi Wagub kepada Ketua Majelis Adat yaitu Bapak Eddy Nalapraya,” pungkasnya.