Rabu, 17 April, 2024

MUI Apresiasi Gagasan Tes Urin Kanwil Kemenag Jatim

MONITOR, Jakarta – Terobosan baru yang digagas Kanwil Kemenag Jatim menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) untuk menjalani tes narkoba bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan, menuai apresiasi dari MUI.

Tes tersebut dilakukan untuk mendeteksi dini terhadap para calon mempelai yang positif narkoba agar segera mendapatkan penanganan untuk pengobatan dan tindakan rehabilitasi sehingga dapat menyelamatkan keluarga dari bahaya narkoba.

Waketum MUI Zainut Tauhid Saadi mengatakan, tujuan lebih luasnya tak lain untuk membendung maraknya penyebaran narkoba secara ilegal yang dinilai semakin merajalela.

“Permasalahan narkoba di Indonesia bersifat urgent dan kompleks. Terbukti dengan bertambahnya jumlah penyalahguna atau pecandu narkoba secara signifikan,” tutur Zainut Tauhid Saadi, Sabtu (20/7).

- Advertisement -

Ia mengatakan, hampir semua kalangan masyarakat positif menggunakan narkoba. Mulai dari publik figure, dosen, pilot, pemuda/remaja bahkan lebih parahnya lagi adalah para penegak hukum ada juga yang positif terkena narkoba.

Bahkan menurut data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh Narkoba ini meningkat hingga dua kali lipat dari tahun tahun sebelumnya. Pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di kalangan remaja dinilai sangat memprihatinkan.

“Berdasarkan data yang kami terima dari Badan Narkotika Nasional (BNN) 2,2% dari total populasi orang di Indonesia terjerat narkoba,” terang Zainut.

Menanggapi fenomena tersebut, Politikus PPP ini menyarankan seharusnya pemerintah menetapkan Negara Indonesia sedang berada dalam keadaan darurat Narkoba.

“Untuk hal tersebut, setiap ikhtiar yang dilakukan oleh masyarakat untuk membendung dan melawan bahaya barkoba harus diberikan apresiasi dan dukungan, termasuk dalam hal ini adalah kebijakan yang akan diberlakukan oleh Kanwil Kemenag Jawa Timur terhadap calon pengantin untuk tes narkoba patut diberikan dukungan dan apresiasi,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER