Kamis, 25 April, 2024

Labinov Terima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

MONITOR, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan ReformSi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin menyerahkan penghargaan sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 kepada Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto.

Dalam acara yang diselenggarakan Kemenpan RB, Kamis (18/7) kemarin itu, Syarifuddin mengatakan bahwa terobosan yang lahir dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 ini tidak hanya fokus pada penerapan sistem informasi saja. 

Tetapi, sambung dia, banyak juga bergerak dalam pemberdayaan masyarakat, mengakomodir kearifan lokal, serta kolaborasi dengan kaum muda atau milenial. 

“Orientasinya bukan lagi sekedar untuk menjembatani kehadiran program pemerintah, tetapi juga mengakomodir kebutuhan dan kecenderungan karakter, budaya, dan ‘DNA millenial’, yakni pelayanan yang semakin cepat, mudah, mudah, aksessibilitas tinggi,” kata Syafruddin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/7).

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala LAN, Adi Suryanto mengungkapkan, inovasi yang paling baik adalah inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat, bukan inovasi untuk untuk diri sendiri atau kepentingan golongan saja. 

“Sekecil apapun inovasi yang dilakukan, tapi masyarakat bisa langsung merasakan manfaatnya, itulah inovasi yang terbaik,” sebut dia.

Ia pun menegaskan, masuk atau tidaknya Laboratorium Inovasi (Labinov) LAN ke tahap selanjutnya (Top 45) akan terus berjalan, terus membantu melahirkan inovasi-inovasi lainnya. 

“Kami menciptakan Laboratorium Inovasi didasari niat yang kuat untuk berkontribusi bagi terciptanya inovasi-inovasi baru,”paparnya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya selaku tuan rumah dan juga penyaji inovasi pelayanan publik terbanyak dalam kompetisi ini, mengapresiasi Diklat Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh LAN. 

Menurut dia, dengan adanya proyek perubahan yang harus dilaksanakan peserta Diklat, membuat gairah jajaran birokrasi untuk berpikir inovatif dan berani melakukan tindakan-tindakan perubahan. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Direktur Utama Taspen Iqbal Lantaro, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, serta para penerima penghargaan inovasi pelayanan public dari berbagai instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER