Jumat, 26 April, 2024

Asosiasi DPRD usulkan Guru Besar IPB ini masuk Kabinet Jokowi jilid II

MONITOR, Jakarta – Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar guru besar fakultas perikanan dan ilmu kelautan IPB, Prof Rokhmin Dahuri masuk kabinet.

Ketua ADKASI Lukman Said mengatakan usulan untuk mantan menteri kelautan dan perikanan era Presiden Gusdur dan Megawati itu berdasarkan hasil Silatnas ADKASI yang dilaksanakan pada Juni 2019 lalu di Jakarta.

“Ini berdasarkan hasil silatnas ADKASI beberapa minggu lalu.” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Menurut Lukman salah satu pertimbangan ADKASI mengusulkan Rokhmin Dahuri masuk dalam kabinet adalah basic keahlian ilmu yang dimilikinya yaitu di bidang kemaritiman yang memiliki pemahaman kondisi masyarakat nelayan di pesisir dan di pulau-pulau.

- Advertisement -

“Basic ilmu yang dimiliki di bidang Kemaritiman ini dapat menjawab Visi Misi Presiden.” ungkapnya.

“Hampir semua kabupaten di Indonesia rata-rata garis kemiskinan berada di wilayah pesisir dan profesinya sebagai nelayan.” tambahnya.

Lukman menegaskan bahwa usulan ADKASI ini murni karena kebutuhan dilapangan serta tidak bernuansa politik. Meski begitu, Lukman menyerahkan keputusan pemilihan menteri kepada Jokowi sebagai hak preogatif presiden.

“Walaupun kami tahu bahwa ini (pemilihan menteri) adalah hak prerogatif Presiden. Kita berharap menteri-menteri yang nanti akan membantu Jokowi-Ma’ruf Amin dapat membantu Presiden membawa Indonesia yang bisa disegani oleh bangsa-bangsa yang ada di dunia ini. Dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia betul-betul dapat dinikmati rakyat Indonesia.” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER