Kawal Jokowi, Ketum Muhammadiyah: Sikap Bijak Pak Amien Perlu Ditiru

34
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir (dok: Setkab)

MONITOR, Jakarta – Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, belakangan menyita perhatian. Pasalnya, Amien Rais kini menerima kemenangan pasangan Capres Cawapres terpilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan memberikan kesempatan untuk memimpin negeri ini lima tahun kedepan.

Padahal sebelumnya, Amien Rais merupakan tokoh nasional yang lantang menolak segala kebijakan Jokowi bahkan menjadi mesin penggerak pemakzulan pemerintahan Jokowi.

Mengenai sikap Amien Rais ini, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut sikap petinggi PAN itu mencerminkan jiwa kenegarawanan dan reformis.

“Pernyataan dan sikap Pak Amien Rais agar pemerintahan Jokowi-Maruf diberi kesempatan sambil diawasi secara demokratis menunjukkan jiwa kenegarawanan dan sikap reformis beliau yang paham betul tentang hakikat dan implementasi demokrasi,” kata Haedar Nashir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/7).

Ia mengingatkan, siapapun yang selama ini kontra maupun pendukung tokoh reformasi tersebut tentu harus menyikapinya secara objektif, bahwa demokrasi memang dinamis dan memerlukan visi yg luas.

“Jangan ada yang sinis atau tidak positif dalam menyikapi pernyataan tokoh PAN tersebut,” ujar Haedar mengingatkan.

Selain melayangkan apresiasi, Haedar juga mengatakan tindakan Amien Rais itu patut ditiru. Ia menyerukan semua elit politik dan masyarakat negeri ini untuk bisa mencontoh sikap kenegarawanan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu.

“Para elite di negeri ini memang dituntut keteladanannya dalam berdemokrasi dengan visioner. Sikap bijak Pak Amien Rais perlu diikuti oleh para elite dan warga bangsa agar Indonesia makin bersatu dalam dinamika dan keberagaman menuju Indonesia berkemajuan,” pungkasnya.