Kamis, 25 April, 2024

Focus Group Discussion; Optimalisasi Visi Negara Maritim

MONITOR, Jakarta – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bekerjasama dengan Harian Suara Pembaruan dan BeritaSatu TV menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) “Optimalisasi Visi Negara Maritim Dalam Pembangunan Daerah” di Hotel Manhattan Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Hadir dalam FGD tersebut antara lain Guru Besar IPB, Prof Rokhmin Dahuri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi, KASAL, dan Kepala Bakamla RI.

Dalam paparannya, Rokhmin Dahuri yang juga mantan menteri kelautan dan perikanan itu menyampaikan pemaparan “Strategi Pembangunan Ekonomi Kelautan Untuk Peningkatan Daya Saing dan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Secara Berkelanjutan”.

Menurutnya, pembangunan ekonomi wilayah berbasis ekonomi maritim dengan pemanfaatan sektor kelautan dan perikanan saat ini belum digarap optimal sehingga masih minim kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional.

- Advertisement -

“Visi Poros Maritim Indonesia hanya akan menjadi slogan jika optimalisasi pemanfaatan sumberdaya kelautan masih belum maksimal,” ujarnya.

Rokhmin menegaskan, salah satu langkah untuk mendongkrak indonesia sebagai poros maritim dunia adalah dengan pemanfaatan dan pendayagunaan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

“Ada 11 sektor ekonomi kelautan yang kita miliki sebagai bangsa Indonesia mulai dari perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi, Pertambangan dan energi, pariwisata Bahari, Perhubungan laut, industri dan jasa Maritim, sumberdaya wilayah ceci, hutan mangrove, dan sumber non conventional,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER