Konsisten jadi Oposisi, Gerindra Cs Diprediksi Bakal Menangi Pilpres 2024

2565
Direktur Eksekutif Voxpol Center Reaserch and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Arah politik Partai Gerindra dan sekutunya hingga hari ini belum jelas. Namun sejumlah kalangan berharap partai politik (parpol) yang tergabung di Gerindra Cs untuk tetap berada di jalur oposisi.

Pakar dan analisis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Reaserch and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago misalnya. Pangi menyarankan agar Partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS tetap berada di jalur oposisi. Sebab menurutnya, lebih baik koalisi partai tersebut puasa lima tahun untuk menunggu momentum 2024 mendatang.

“Saya sarankan sebaiknya memang Gerindra Cs itu tetap di jalur oposisi saja. Tidak apa-apa puasa 5 tahun dulu untuk sebuah kemenangan,” kata Pangi kepada saat dihubungi wartawan Selasa (16/7).

Pangi berkeyakinan kalau Gerindra konsisten dengan menjadi oposisi para parpol tersebut bisa memenangkan Pemilu 2024.

“Asalkan partai oposisi konsisten berjuang untuk rakyat sehingga mendapat simpati dan bisa mengalahkan partai koalisi pemerintah. Sekali lagi bisa menjadi pemenang di 2024,” tegasnya.

Bahkan dikatakan Pangi, keberadaan Gerindra Cs akan lebih tenar dan moncer dari parpol koalisi pemerintah saat citra partai pemerintah redup dan banyak menuai kekecewaan masyarakat.

Pangi pun mengingatkan masyarakat jangan terkecoh dengan ucapan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mengatakan akan membantu kinerja Jokowi saat melakukan pertemuan dengan Jokowi.

Menurut Pangi, kalimat itu bisa jadi hanya basa basi yang dikeluarkan oleh seorang Prabowo. Dengan kata lain, lanjut Pangi, ucapan Prabowo tersebut tidak bisa diartikan kalau Gerindra bakal berkoalisi dengan pemerintah.

“Saya menangkap kalau ucapan Pak Prabowo hanya basa basi politik saja. Gerindra melihat lebih banyak mudaratnya bergabung ke koalisi Jokowi. Kalau bicara jangka panjang dan ngatur nafas, baiknya Gerindra mereka harus memenangkan citra sebagai kekuatan penyambung lidah rakyat, harus tenar sehingga bisa memenangkan citra dan merebut hati rakyat,” pungkasnya.