Sabtu, 27 April, 2024

Anies Bangga Jakarta Terpilih jadi Tuan Rumah Formula E 2020

MONITOR, New York – Rasa haru tak mampu dibendung Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat bertandang ke New York, USA. Pasalnya, Jakarta terpilih sebagai salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di tahun 2020.

Anies menjelaskan, Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya.

“Sejak tiga bulan lalu persiapan pertemuan ini telah dilakukan. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu,” kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/7).

“Karena Jakarta berkompetisi dengan kota dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan tertib dan tak banyak bicara,” tambahnya lagi.

- Advertisement -

Puncak pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Anies pun bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula-E yang juga legenda dunia balap mobil.

“Walau baru bertatap muka kali ini, tapi kami langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun tetap santai dan bersahabat,” ungkap mantan Menteri Pendidikan ini.

Selanjutnya Anies mengatakan, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Apalagi ada banyak penonton dari dalam negeri, bahkan tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi akan dirasakan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER