Jumat, 29 Maret, 2024

Silaturahmi ke Wakil Presiden Terpilih, Ahmad Muqowam: Kami Ikut Berkontribusi

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Akhmad Muqowam menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden 2019-2024.

 Ia juga mendoakan agar dalam melaksanakan tugas dapat berjalan baik.

“Kami menghaturkan selamat atas amanah yang diberikan rakyat untuk mendampingi Presiden Joko Widodo yang tentu saja tugas mulia ini tidaklah ringan, kami mendoakan semoga sukses mengemban amanah,” kata Muqowam dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/7).

Dalam kesempatan tersebut, Akhmad Muqowam yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB IKA PMII mengungkapkan dukungannya sejak pencalonan KH. Ma’ruf Amin hingga terpilih. 

- Advertisement -

Dan ia berkomitmen akan terus memberikan sumbangsih demi tujuan nasional bangsa Indonesia sesuai dengan UUD 1945 yang berdaulat dalam berbagai bidang, untuk mencapai masyarakat adil makmur dan sejahtera. 

“Namun dalam proses politik yang panjang, ada hal positif namun bisa jadi ada hal negatif yang harus diselesaikan dalam proses berbangsa dan bernegara, maka hal tersebut akan menjadi perhatian seluruh jajaran IKA PMII serta masyarakat pada umumnya,” sebut dia.

Lebih lanjut, Muqowam juga menyampaikan beberapa fenomena yang mengiringi proses politik di tahun 2019 ini diantaranya adanya kompetisi ideologi yang hampir melupakan nilai luhur ideologi bangsa yaitu Pancasila; adanya penguatan politik identitas yang jauh dari nilai-nilai identitas bangsa yang telah dirintis oleh pendiri bangsa, yang cukup membahayakan bagi keberlangsungan masa depan bangsa.

“Adanya tensi politik yang cenderung emosional dan irrasional; serta terjadinya fenomena pembelahan dan polarisasi sosial. Bahwa fenomena tersebut akan menjadi ancaman dan tantangan bangsa yang akan menjauhka Indonesia dari identitas sebagai sebuah Negara Bangsa yang Pancasilais,” ujarnya.

“Dan kami merasa ditantang untuk menjawab persoalan tersebut, maka IKA PMII harus hadir dengan gagasan dan strategi serta mengimplementasikannya sebagai kontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara,” jelas Muqowam. 

Sementara itu, Wapres terpilih Ma’ruf Amin mengapresiasi kedatangan para tokoh nasional tersebut dan mengharapkan sumbangan pemikiran untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional ke depan. 

“Saya harap IKA PMII bisa membantu mewujudkan harapan bersama dalam kehidupan bernegara dan bisa menjadi perekat kembali semangat rasa kebangsaan komponen bangsa,” harap KH. Ma’ruf Amin. 

KH. Ma’ruf Amin juga meminta PB IKA PMII untuk responsif dalam mengkontribusikannya terhadap berbagai persoalan bangsa.

“Jangan sampai tidak berkontribusi atau terlambat dalam merespon dinamika persoalan bangsa,” tegas KH. Ma’ruf Amin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER