Munculkan Opsi Pulangkan Rizieq, PSI Yakin Gerindra Cuma Pengen Eksis

6077
Juru Bicara PSI Dedek Prayudi (dok: Twitter)

MONITOR, Jakarta – Sejumlah syarat diajukan pendukung Prabowo-Sandi sebagai bagian dari agenda rekonsiliasi yang akan digelar antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan Joko Widodo.

Salah satu usulannya yakni meminta Jokowi memuluskan jalan pulang bagi Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS). Pesan ini terus digaungkan oleh eks Koordinator Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak dan beberapa politisi Gerindra lainnya.

Mengenai usulan ini, Politikus PSI Dedek Prayudi menilai bahwa wacana memulangkan HRS bukanlah substansi yang sebenarnya. Ia meyakini, bahwa kubu Prabowo tahu bahwa Jokowi akan menolak usulan tersebut.

“Substansinya bukan soal pulangkan HRS. Saya kira mas Dahnil Anzar juga tahu pak Jokowi tak akan pulangkan HRS,” ujar politikus yang beken disapa Uki ini, Rabu (10/7).

Menurut analisa Uki, Gerindra hanya ingin tetap menunjukkan eksistensinya di panggung politik, terlebih menjelang Pilkada 2020 mendatang. Untuk itu, mereka tetap menggulirkan isu tentang kepulangan HRS.

“Substansinya adalah tetap gulirkan isu demi menjaga eksistensi didunia politik. Pilkada tinggal setahun lagi,” terang Uki.