Jumat, 29 Maret, 2024

Jokowi Diminta Angkat Kepala Daerah yang Berprestasi jadi Menteri

MONITOR, Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk mempertimbangkan beberapa kepala daerah yang berprestasi untuk dipilih menjadi menteri di periode pemerintahan 2019-2024 nanti.

Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan, dengan memasukkan kepala daerah ke dalam kabinet Koalisi Indonesia Kerja (KIK), sebagai bentuk penghargaan kepada partai politik. Selain itu, pengalamannya memimpin di suatu wilayah membuktikan mereka memiliki kemampuan manajerial yang baik.

“Kepala daerah yang sukses dalam mengelola daerahnya masing-masing. Sukses kepemimpinan kepala daerah ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa mereka memiliki perpaduan kemampuan menejerial dan eksekutorial,” kata Ray Rangkuti, Rabu (10/7).

Selain kepala daerah, ia menilai Jokowi akan mempertahankan beberapa menteri dari parpol yang dinilai berprestasi selama menempati posisi tersebut. Namun, ia tak menjelaskan siapa saja sosok yang bakal dipertahankan oleh mantan gubernur DKI Jakarta itu.

- Advertisement -

“Merujuk pada kader partai yang sukses di pemerintahan sebelumnya. Khususnya mereka yang sudah terlibat dalam kabinet 2014-2019,” katanya.

Menurut dia, dengan mempertahankan sosok menteri yang lama dan memilih kepala daerah, maka dapat mengikuti irama kerja Jokowi. Sebab, mereka sudah terbiasa denga pola yang sudah berjalan selama lima tahun sebelumnya.

“Dapat disinkronkan dengan kondisi nyata antara keinginan pribadi pak Jokowi dan fakta bahwa beliau didukung oleh banyak partai dalam koalisi 01,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER