Jumat, 19 April, 2024

Indonesia-China Sinergi Perkuat Investasi di Sektor Energi

MONITOR, Beijing – Menteri ESDM Ignasius Jonan menghadiri pertemuan tahunan ke-6 Indonesia – China Energy Forum (ICEF) yang berlangsung di Beijing, China, Senin (8/7) lalu. Pertemuan tersebut diketahui memperkuat kerjasama bilateral dan mendorong Foreign Direct Investment di sektor energi.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pertemuan bilateral antara Menteri ESDM, Ignasius Jonan dengan Administrator Zhang Jianhua, pejabat setingkat Menteri, National Energy Administration China, dan Chairman NDRC (National Development and Reform Comission), He Lifeng terkait peningkatan kerja sama kedua negara dan tindak lanjut kesepakatan kedua kepala negara/pemerintahan.

“Pelaksanaan ICEF ke-5 sebelumnya dilaksanakan di Jakarta dan pada kesempatan tersebut telah ditandatangani MoU sektor energi. Dengan pelaksanaan ICEF ke-6 ini diharapkan memberikan hasil yang bermanfaat dan komitmen yang berorientasi pada aksi untuk ketahanan energi nasional masing-masing negara,” ungkap Dirjen Ketenagalistrikan, Rida Mulyana dalam sambutan pembukaannya dalam forum yang dihadiri oleh Vice Administrator NEA, Li Fanrong.

“Harapan besar kami melalui forum ini akan memberikan hasil yang bermanfaat bagi kedua negara di sektor energi”, lanjut Rida.

- Advertisement -

Delegasi ICEF ke-6 dari pihak Indonesia terdiri dari 40 delegasi yang berasal dari Pemerintah, pengamat publik dan entitas bisnis. Pelaksanaan ICEF dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama dibahas kelistrikan dan energi baru terbarukan, sementara sesi pembahasan difokuskan pada subsektor minyak, gas dan batubara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER