Jumat, 29 Maret, 2024

MPR: Pancasila Miliki Peran Penting Atasi Ancaman Disintegrasi Bangsa

MONITOR, Bogor – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) berpendapat, bangsa Indonesia sangat beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi bangsa. 
Menurut dia, hadirnya Pancasila, dirasakan masyarakat memiliki peran penting di tengah-tengah kepungan aksi dan ancaman disintegrasi bangsa dalam sejarah perjalanan bangsa hingga kini.

“Pancasila yang merupakan saripati karakter bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan pendiri bangsa kita menjadi ideologi, ternyata masih mampu mempertahankan keutuhan bangsa kita dari ancaman perpecahan dari awal mula dirumuskan hingga kini,” kata Hidayat, dalam keterangannya, Senin (8/7).

Masih dikatakan pria yang akrab disapa HNW, kesaktian Pancasila sebagai ideologi bangsa juga mampu merekatkan seluruh bangsa Indonesia dengan keberagaman dan perbedaan yang sangat luar biasa, merupakan anugerah istimewa yang harus dijaga seluruh anak bangsa.

“Ideologi suatu bangsa tidak bisa dianggap remeh. Negara sebesar Uni Soviet saja yang memegang predikat sebagai negara besar, negara adi kuasa dan negara super power, tanpa perang, tanpa serangan, tanpa agresi bisa hancur terpecah belah karena terjadi peningkatan kekerasan yang disebabkan persaingan nasionalisme antar etnis terutama sejak masa Perestroika diterapkan,” paparnya.

- Advertisement -

“Jika saja persaingan etnis yang terjadi di Soviet yang menyebabkan kehancuran terjadi di Indonesia, dampak kehancurannya akan lebih dahsyat sebab etnis di Soviet tidak berbaur masing-masing menetap di daerahnya. Sedangkan di Indonesia antar etnis sudah sangat berbaur,” tambahnya.

Dengan kompleks serta uniknya perbedaan etnis di Indonesia tersebut, sambung politikus PKS ini, Pancasila hadir sebagai perekat menjadi sebuah ideologi yang diterima baik semua kalangan. 

“Maka dari itulah, kita bangsa Indonesia harus mensyukuri hadirnya Pancasila dengan betul-betul memahami dan menjalankannya,” pungkas HNW.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER