Rabu, 24 April, 2024

Ada Sistem Baru di Soetta, Anies: Jamaah Haji Tak Perlu Ngantri Proses Imigrasi

MONITOR, Jakarta – Kabar baik bagi jamaah haji embarkasi Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan layanan imigrasi Kerajaan Saudi di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) resmi beroperasi mulai Minggu, 7 Juli 2019.

Anies menuturkan, selama ini pemeriksaan Imigrasi Jamaah Haji dilakukan di bandara kedatangan ketika mendarat di Arab Saudi. Bahkan, Jamaah haji asal Indonesia tertahan mengantri berjam-jam.

“Bahkan di musim haji bisa sampai antri hingga 4-5 jam, untuk menyelesaikan keimigrasiannya di Bandara Jeddah atau Madinah. Kondisi ini amat memberatkan, khususnya bagi jamaah haji yang sudah senior,” tutur Anies Baswedan, Senin (8/7).

Namun kini proses keimigrasian tersebut bisa dilakukan di bandara Soekarno Hatta. Anies menjelaskan, Direktorat Imigrasi Saudi Arabia mengirimkan 50 orang petugas, lengkap dengan semua peralatannya dan pihak Indonesia menyiapkan ruangannya.

- Advertisement -

Dengan sistem baru ini, saat mereka mendarat di Madinah, Saudi Arabia, para jamaah haji embarkasi Jakarta bisa langsung menuju bus ke penginapan.

“Tanpa perlu antri untuk urusan imigrasi lagi. Saat ini baru embarkasi dari Jakarta yang menikmati fasilitas ini. Mudah-mudahan tahun-tahun yang akan datang bisa dilanjutkan ke daerah lain,” jelas mantan Mendikbud RI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER