Rabu, 24 April, 2024

Klausul Kepulangan HRS Untuk Rekonsiliasi, PKB: Tidak Ada Kaitannya

MONITOR, Jakarta – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menilai tidak ada kaitannya soal rekonsiliasi antara Jokowi – Prabowo dengan kepergian Habib Rizieq Shihab (HRS) yang selama ini bertempat di Arab Saudi.

Hal itu menanggapi adanya rumor jika kepulangan sang Habib menjadi salah satu klausul rekonsiliasi pasca Pilpres 2019 yang diwacanakan pihak Prabowo Subianto.

“Yang ngusir pak Rizieq Shihab siapa sih?, dia kesana pergi sendiri kok, atas dasar kesadaran sendiri, keluar negeri. kalau mau pulang, pulang aja,” kata Karding kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (6/7).

Ia berpandangan, jika memang tidak bersalah atas apa yang dipersalahkan selama ini, kenapa perlu khawatir apalagi hingga takut dan menghindar.

- Advertisement -

“Itu kan karena dibayang-bayangi ketakutan, berarti beliau merasa bersalah, kalau tidak salah datang aja, pengadilan terbuka kok,” ujar anggota komisi III DPR RI itu.

Kendati demikian, sambung Karding, tentu itu semua berpulang pada pihak Prabowo bila kepulangan Habib Rizieq menjadi syarat tersebut.

“Jadi, tetapi kalau teman-teman partai, pak Prabowo ingin menjadikan klausul HRS misalnya…itu haknya. Kita ga boleh maksa. Tapi soal HRS ga ada yang ngusir dia keluar negeri, tidak ada yg nyuruh dia keluar negeri, itu atas kesadaran sendiri, kalau mau balik, balik aja,” ucap dia.

“Masa orang yg tdk diusir disuru negara manggil ulang, yang ditangani negara hanya teman-teman TKI ya g masa tinggalnya habis,” pungkas Karding.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER