Sri Mulyani: World Bank dan IMF Perlu Lakukan Reformasi Internal

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menyatakan lembaga multilateral seperti World Bank Group dan IMF harus segera berbenah melakukan reformasi internal. Ini dilakukan supaya lembaga-lembaga tersebut mampu menghadapi tantangan masa depan dalam perkembangan dunia yang semakin kompleks.

Saran tersebut dituangkan Sri Mulyani melalui tulisannya, dalam rangka peringatan 75 tahun Konferensi PBB tentang Moneter dan Keuangan (United Nations Monetary and Financial Conference) di kota Bretton Woods, AS.

“Saya menganggap perlunya lembaga-lembaga multilateral, seperti World Bank Group dan IMF, untuk secara berkelanjutan melakukan reformasi internal untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia,” ujar Sri Mulyani, Kamis (4/7).

Ia juga menekankan pentingnya menjaga semangat multilateralisme dalam mencari solusi terhadap permasalahan global, termasuk di bidang ekonomi dan keuangan.

Selain itu, Sri Mulyani menjelaskan Indonesia sebagai anggota dan pemilik dari World Bank Group dan IMF juga perlu mengawal reformasi tersebut.