Jumat, 26 April, 2024

Koalisi Rebutan Kursi Menteri, PDIP Ngaku Tak Masalah

MONITOR, Jakarta – Partai koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin kini diributkan dengan persoalan rebutan kursi kabinet. Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengaku tidak mempersoalkan perihal 10 jatah kursi yang diharapkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Menurutnya, hal itu hanya sebatas usulan yang pada akhirnya akan diserahkan kepada Jokowi.

“Semua hanya sebatas usulan. Pak Jokowi juga saat ini sedang menampung semua usulan pimpinan parpol koalisi,” kata Arteria kepada wartawan, Rabu (3/7).

Lanjut Arteria, setiap partai koalisinya boleh saja mengusulkan sejumlah nama menteri kepada Jokowi. Dirinya pun sangat yakin kalau setiap ketum parpol bisa memahami apa yang diinginkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

- Advertisement -

“Apalagi PDIP, kita tidak mau menambah beban, menambah pemikiran Pak Jokowi karena memang memilih (menteri) ini bukan sesuatu hal yang mudah,” terangnya.

Di samping itu, lanjutnya, terkait posisi menteri Jokowi juga secara tidak langsung telah menyampaikan sejumlah kriteria yang harus dimiliki para ‘pembantunya’ itu.

“Pertama menterinya harus punya kekuatan eksekutorial, kemudian kemampuan manajerialnya yang baik, bisa diambil dari generasi milenial,” terangnya.

Dikatakannya, Pak Jokowi juga tegas mengatakan jangan ada dikotomi soal politisi dan non politisi atau profesional. “Semuanya serahkan kepada pak Jokowi untuk melakukan penilaian,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER