Langkah Bersama Mengawal Program Serasi di Kabupaten Banyuasin

MONITOR, Palembang – Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menerima kunjungan dari beberapa Gapoktan penerima bantuan dari Kabupaten Banyuasin dalam rangka melakukan proses pemberkasan program selamatkan rawa sejahtera petani (SERASI).

Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Ir. Bambang Sugiharto mengatakan bahwa program tersebut dilakukan untuk mengawasi sawah yang bermasalah, salah satunya seperti tata kelola air.

“Secara Nasional program Serasi dilakukan di tiga Provinsi, yaitu Sumsel, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Untuk Sumsel ada di tiga Kabupaten yakni, Kab. Banyuasin, OKI dan Muba,”ujar Bambang yang juga menjelaskan jika kegiatan ini juga melibatkan peran serta TNI AD sebagai pendamping dan kejaksaan sebagai pemantau.

Sementara itu, salah satu Ketua Gapoktan Tunas Karya, Mustadi asal Desa Upang Kecamatan Air Salek, sempat bercerita jika sebelum Tahun 2015 hanya bisa menanam padi satu tahun sekali.

“Tapi masuk tahun 2015 kami mendapat bantuan dari program UPSUS berupa hand traktor dan alat tanam satu unit, alat panen tiga unit dan pompa air 20 unit, kami juga mendapatkan bantuan untuk penangkaran benih seluas 30 Ha yang sudah berjalan dua tahun lebih bekerja sama dengan Syang Hyang Seri,”terangnya.

Diakui dia, bantuan tersebut sebagai bentuk peningkatan indeks pertanaman dari (IP100) menjadi IP200 dengan luas lahan 1.112 Ha, sedangkan untuk IP300 mencoba mengajukan 489 Ha melalui program Serasi tahun 2019 ini. 

“Dengan perhatian Pemerintah yang besar terhadap lahan rawa, Mustadi yakin peningkatan produksi melalui peningkatan IP ini akan memacu semangat petaninya, dan pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan mereka,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam proses pemberkasan Program Serasi dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian yang bersama-sama melakukan penyiapan dokumen dan data Gapoktan terkait Program Serasi tersebut. 

Dirjen TP Dr.Ir. Sumarjo Gatot Irianto, didampingi Oleh Ir. Bambang Sugiharto (Direktur Serealia Ditjen TP)  dan Ir. Indah Megahwati, MP (Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan) menyaksikan langsung proses pelaksanaan kegiatan pemberkasan dokumen terkait data-data usulan CPCL ( Calon Petani Calon Lokasi) yang tergabung dari beberapa desa di Kab. Banyuasin.